Hallo semuanya.  Kali ini, kita akan membahas tentang langkah-langkah cara instalasi WordPress di cPanel. Bagi kamu yang ingin membuat website menggunakan WordPress, langkah-langkah berikut ini akan membantu kamu dalam menginstal WordPress di cPanel dengan mudah.

Daftar Isi Artikel

  1. Persiapan Awal
  2. Instalasi WordPress melalui cPanel

1. Persiapan Awal

Sebelum kita memasuki proses instalasi, setidaknya kalian harus sudah mempersiapkan beberapa hal penting berikut :

  1. Pendaftaran Domain dan Pemilihan Paket Hosting Sebelum kita mulai menginstal WordPress, kita harus memiliki sebuah  domain (alamat situs web) dan paket hosting untuk menyimpan file situs. Pilihlah domain yang cocok dengan bisnis atau dapat disesuikan dengan minat kalian dan tentunya sebuah paket hosting yang disesuaikan dengan budget kantong kalian.
  2. Pahami Control Panel. Selanjutnya adalah kita harus memahami tentang  Control Panel pada hosting,  ada beberapa jenis Control Panel yang populer seperti cPanel atau Plesk, keduanya merupakan salah satu tools yang sering digunakan oleh developer guna mengelola website. Nah, disinilah kita akan mengatur berbagai hal terkait situs web, termasuk instalasi WordPress.

Intinya adalah kalian perlu dua hal penting sebelum kalian bisa menggunakan wordpress yaitu Domain dan Hosting. Untuk mendapatkannya kalian bisa langsung membeli domain dan paket hosting tersebut pada provider atau penyedia domain dan hosting yang terpercaya.

Beberapa jenis domain yang dapat kita gunakan
Beberapa jenis domain yang dapat kita gunakan

2. Instalasi WordPress melalui cPanel

Nah , setelah kita memiliki beberapa hal penting yang dibutuhkan untuk dapat menjalankannya yaitu Domain dan Hosting. Selanjutnya kita bisa langsung menginstal atau memasang WordPress pada hosting kita dan selanjutnya bisa kita gunakan untuk membuat sebuah website sesuai yang kita inginkan.

Berikut akan kita pelajari bersama langkah – langkah untuk menginstalnya di cPanel. Kenapa harus di cPanel? Karena agar kita dapat langsung menggunakannya tanpa harus lagi melakukan upload file ke hosting.

Langkah 1 : Mengakses cPanel

Langkah pertama, kita login terlebih dahulu pada cPanel. Silahkan kalian akses pada tools control panel kalian yang disediakan oleh penyedian layanan hosting dimana kalian membelinya.

Form login pada Control Panel
Form login pada Control Panel

Masukkan username dan password kalian agar kita dapat mengakses halaman cPanel dimana nantinya kita akan menginstal serta mengelola halaman web kita.

Langkah 2 : Mengakses cPanel

Langkah berikutnya kalian cari pada menu WordPress Manager by Softaculous. Klik pada menu tersebut untuk dapat mengakses halaman instalasi baru.

Instalasi <yoastmark class=

Langkah 3 : Mengistal WordPress

Untuk menginstal aplikasi website baru kita cukup klik pada Tombol Install yang berada pada sebelah kiri atas seperti ditunjukkan pada gambar berikut :

Instalasi <yoastmark class=

Langkah 4 : Konfigurasi Instalasi WordPress

  • Pilih domain yang ingin digunakan untuk menginstal WordPress. Jika kita memiliki lebih dari satu domain, pastikan memilih yang sesuai.
  • Tentukan direktori di mana akan kita install. Biarkan kosong jika kita ingin menginstal di root domain (misalnya: www.namadomainanda.com).
  • Beri nama dan deskripsi untuk situs web. Ini akan membantu dalam mengidentifikasi situs Anda di kemudian hari.
  • Pastikan kalian melengkapi semua kolom yang ada dan jangan lupa memilih tema yang sesuai dengan keinginan kita.

Melakukan konfigurasi pada instalasi <yoastmark class=

Tunggu proses instalasi sampai selesai dan nantinya kita akan mendapatkan link akses untuk mengelola website kita melalui halaman admin. URL untuk mengakses halaman admin tersebut biasanya seperti ini https://namadomainkita.com/wp-admin.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi username dan password yang sudah kita buat sebelumnya pada saat proses instalasi.

Halaman login WordPress
Halaman login WordPress

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk menginstal WordPress di cPanel. Dengan mengikuti panduan ini, kita sekarang sudah siap untuk membuat sebuah website yang atraktif dan dinamis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Kita juga dapat berkreativitas untuk membuat website semenarik mungkin baik dengan membuat template sendiri atau kita dapat juga menggunakan template yang sudah banyak disediakan oleh beberapa pengembang WordPress lainnya.

Sebagai kesimpulan, saya ingin mengutip kata-kata bijak dari Albert Einstein, “Kreativitas adalah kecerdasan yang sedang bersenang-senang.” Dalam setiap tugas yang kita lakukan, mari kita selalu menerapkan kreativitas dan menikmati prosesnya.

Comments to: Tutorial WordPress #2 : Instalasi WordPress di cPanel

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.